Hallo Sobat Honda!

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melakukan transfer uang, bisa lewat ATM, mobile bankinginternet banking, maupun teller bank. Namun, bagaimana jika kita ingin melakukan transfer dengan jumlah yang sangat besar? ternyata caranya berbeda. kita tidak bisa melakukannya dengan cara biasa, karena setiap kartu debit atau rekening yang kita miliki mempunyai limit transfer tiap harinya tergantung dari jenis kartu masing-masing.

Terdapat 2 cara untuk transfer uang di atas Rp1 miliar, antara lain:

1.  LLG (Lalu Lintas Giro)

Sistem ini disebut juga Sistem Kliring Nasional Indonesia merupakan sebuah mekanisme transfer yang menghubungkan antar bank yang ada di Indonesia dan diselenggarakan oleh Bank Indonesia. Kita dapat melakukan transfer dengan jumlah besar karena sistem ini memiliki batas maksimum sebesar Rp1 miliar per harinya. Selain itu, LLG memiliki tarif transaksi sebesar Rp3.500 / transaksi. Namun untuk melakukan transfer uang dengan jumlah yang besar, sistem LLG ini membutuhkan waktu antara 2 – 3 hari kerja untuk sampai ke rekening tujuan. Dan juga harus mengikuti jadwal kliring yang sudah ditentukan oleh pihak bank. 

2.  RTGS (Real Time Gross Settlement)

Sistem RTGS merupakan sebuah sistem transfer elektronik yang memungkinkan Anda untuk melakukan transfer uang secara langsung (real time) dengan bank-bank yang sudah terhubung dalam sistem RTGS yang dimiliki oleh Bank Indonesia. Berbeda dengan LLG, transaksi RTGS diproses secara langsung, sehingga waktu transaksinya lebih cepat. Untuk sistem RTGS memiliki minimal transfer sebesar Rp100 juta, & batas maksimalnya ditentukan oleh pihak bank. Untuk tarif per transaksi sebesar Rp25.000.

Semoga bermanfaat.